Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

JADWAL SHOLAT SEMARANG

Rabu, 05 Agustus 2009

Malam Nisyfu Sya'ban


Ga terasa sekarang sudah dipertengahan bulan Sya'ban yang berarti tinggal setengah bulan lagi kita akan menyambut bulan suci ramadha. ada keutamaan pada malam ini yang tidak semua orang mengetahuinya, memahami, dan tergeraa menjalankan amalan amalan yang dianjurkan untuk memenuhi malam2 suci ini. ada beberapa riwayat yang menyebutkan keutamaannya.

Diantaranya Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda: "Malam nisfu Sya'ban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar menyingsing.




Ada hikmah Allah mengutamakan malam Nisyfu sya'ban ini. kalau di analogi ma ruang bedah. bulan ramadhan tu ruang operasinya. disitu ga semua benda harus super steril ruangan didesain khusus supaya bebas kuman. nah sebelum masuk ruangan steril ada ruangan semi steril seperti ruang admin, ruang recovery room dan ruang persiapan. meski ruang ini ga begitu sterli tetep aja wajib pakai baju kamar bedah supaya nanti kalau masuk kamar bedahnya kuman2 dari luar ga ikutan masuk.

Begitu juga dengan bulan rajab dan sya'ban. udah saatnya kita persiapin fisik, mental dan spiritual kita menyambut bulan ramadhan ini sedari sekarang. segera deh tinggalin keburukan-keburukan yang biasa kita lakuin di bulan-bulan lalu biar pas masuk bulan ramadhan kitaq sudah mulai terbiasa berprilaku, bertutur dan bersikap dengan suci untuk mensucikan bulan ramadhan

So, Bagaimana merayakan malam Nisfu Sya'ban? Adalah dengan memperbanyak ibadah dan salat malam dan dengan puasa, namun sebagaimana yang dilakukan Rasulullah, yaitu dengan secara sendiri-sendiri. Jadi sangat dianjurkan untuk meramaikan malam Nisfu Sya'ban dengan cara memperbanyak ibadah, salat, zikir membaca al-Qur'an, berdo'a dan amal-amal salih lainnya.
Wallahu A'lam..

read more..

0 komentar: