JADWAL SHOLAT SEMARANG

Selasa, 16 Juni 2009

trailer video ketika cinta bertasbih




Luar biasa!!, itulah komentar pertama kali waktu aku nonton KCB semalam bareng Om sekeluarga. buatku ini adalah film terbaik yang pernah aku tonton setelah the Last Samurai. Padahal tadinya film yang menurutku & asumsi banyak orang ini akan sama seperti Ayat-Ayat Cinta dan film lain yang diangkat dari novel termasuk Harry Potter. maksudnya agak mengecewakan pembaca novelnya. tidak seperti ayat-ayat cinta yang serasa soul dari cerita, pesan dan setting dari novel seakan menghilang ketika difilmkan, film ini malah lebih powerfull ketimbang novelnya. ada beberapa kekuatan yang saya lihat dari film KCB yang hampir sama dengan kekuatan novelnya antara lain :



  • Kekuatan Soul

Tidak dipungkiri lagi soul dari film ini begitu kuat. ada ungkapan yang mengatakan setiap sesuatu yang berasal dari hati akan mudah menyentuh hati. kata I Love You dengan logat, ekspresi bahasa tubuh yang romantis tapi tanpa penghayataakan berbeda dampaknya jika diucapkan sepenuh hati. Film ini dibuat dengan hati setiap orang yang terlibat. Mereka begitu menjiwai Tugas dan perannya dalam pembuatan film ini. Pemilihan Pemeran tokoh-tokoh utama yang sangat selektif. Bukan hanya berwajah rupawan dan pandai berakting, spiritualitas, wawasan dan kepribadian mereka juga jadi pertimbangan. inilah yang membuat setiap karakter jadi sangat hidup. Pemeran pembantunya pun tidak sembarangan. Dedi mizwar, Slamet Rahardjo, El Manik bahkan Kang Abik Sendiri ikut menjadi pemeran pendampingnya. Proses Pembuatannya sangat bernuansa spiritual.Setiap waktu Sholat mereka break dan sholat berjamaah. sebelum dan setelah Syuting mereka melakukan doa bersama.



  • Kekuatan Deskripsi

Tiap Screen dari Film ini sangat detail menggambarkan apa yang ditulis di novel. sangat sempurna. dan hampir sama dengan imajinasi orang yang pernah membaca novelnya. setting tempat dan waktu, Alur kejadian, Ekspresi wajah semua ditranslate kedalam film dengan begitu jelas. malah lebih powerfull. karena pembaca novel yang tidak pernah tau lokasi2 yang dituliskan di novel akan terpuaskan dengan Setting tempat yang digambarkan di film. Bagaimana pemandangan dari atas kamar hotel Al Haram Alexandria bisa melihat Pantai Cleopatra hingga dipenghujung pandangan terhampar laut Mediterania. Benteng Al Qaitbai dan El Atta yang berjerah itupun tak luput dari sorotan kamera. Kita sangat terpuaskan melihat Masjid kampus Al-Azhar yang begitu megah. Inti dari dialog antar tokoh dinovel juga sangat mengena sesuai dengan suasana yang ingin digambarkan dinovel . contoh saja dialog "Marahnya Pejabat sering bikin Susah Rakyat" yang diucapkan dengan logat madura, kontan disambut tawa gerr dari penonton.



  • Kekuatan Bahasa

Biasanya keindahan bahasa novel akan hilang ketika difilmkan, karena kesannya terlalu formal dan dibuat-buat. tapi di film ini meski terjadi perubahan bahasa tulisan yang disesuaikan dengan bahasa lisan. Tidak terkesan kehilangan ruhnya malah justru lebih diperkuat ekspresi wajah yang nyata dan dengan penampilan logat-logat yang tidak pernah kita dengar sebelumnya. Logat arab fusha yang dimainkan setiap pemain juga sangat terasa keindahannya. Logat Inggris South Wales yang halus juga diucapkan dengan fasih oleh pemeran Anna Althafunnnisa. Logat-logat asli Indonesia seperti Logat Jawa tengah, Suroboyonan, Madura, Aceh juga sangat ciamik dilantunkan.



  • Kekuatan Referensi

Menurut saya dan di aminkan oleh adik kang abik yang kebetulan sahabat dekat saya. Novel-novel kang abik adalah rangkuman dari kitab-kitab yang dinovelkan. tapi cara penyampaian yang tidak terkesan menggurui dan sangat pas masuk kedalam settingnya Diantaranya yang paling terkenal dan paling sering dipakai dalam novel-novelnya Kang Abik adalah Fatawa Mu’ashirah (Fatwa Kotemporer) karya ulama moderat terkenal di mesir Prof DR Yusuf Qardhawi. Tidak tanggung-tanggung saat sequel Anna Althafunnisa mengajukan syarat pernikahan agar tidak dipoligami oleh Furqan. Anna menunjukkan referensinya asli berikut halamannya. Sepertinya berkat adegan itu banyak kaum wanita yang sedikit tertolong. ternyata ada rujukan yang memperbolehkan wanita mengajukan syarat untuk tidak dipoligami.



  • Kekuatan Pendukung

Era perfilman 10 tahun belakangan ini. Populer tidaknya sebuah film bisa dipengaruhi oleh original sountrack (OST)nya sebut saja AADC yang penggarapan sountracknya dibesut oleh sang maestro pembuatan OST, Melly Goeslaw. karena OST yang sangat bagus dari segi syair yang relevan dengan isi film dan tata musik yang bagus kemudian mengantarkan AADC menjadi film nasional terbaik selama beberapa tahun yang kemudian tergusur oleh kehadiran AAC. Film KCB pun penggarapan OSTnya dipercayakan pada sang Master OST film. siapa lagi kalau bukan Melly Goeslaw. Syairnya mengena dan arransemen yang sempurna dan mengobrak abrik perasaan. video klipnya pun sangat mengagumkan dalam waktu kurang dari sebulan masuk ke top 5 (urutan ke 4) di acara INBOX. Belum sponsor pendukung yang merupakan perusahaan-perusahaan raksasa di Indonesia. Produk-produknya pun sangat halus dimasukkan ke dalam adegan Film. Disurat Husna di tuliskan " Kak Azzam ga usah beliin motor baru buat Husna, M** Husna masih bagus kok" atau waktu Furqon membayar Hotel dengan kartu kredit Bank M*****i, sewaktu penayangannya di sambut decak seru dan tepuk tangan dari penonton.


humbs Up buat karya emas dari Kang Abik. Teruslah berkarya untuk kemjuan sastra Islam Indonesia!!!


Technorati Tags: , , , , ,


read more..

0 komentar: